Tips Untuk Memperpanjang Umur Baterai Vape

Tips Untuk Memperpanjang Umur Baterai Vape

baterai | imgsrc: bukalapak.com

Hola vapers, baterai yang ada di mod, laptop, hp, sobat adalah tipe lithium ion, tipe yang paling canggih sekarang ini, dan memiliki kapasitas (mah yang tinggi). Kalau sobat merasa bahwa sehabis mencharge penuh, tapi penggunaan tidak selama ketika baterai sobat masih baru, baterai sobat mungkin sudah berumur. Lithium ion jika digunakan terus menerus, bisa tahan hingga 2 tahun atau lebih. Namun jika pemakain battery anda tidak tepat, umurnya bisa lebih pendek. Berikut tipsnya.
  1. Simpanlah battery sobat di tempat yg sejuk.
  2. Jangan pernah memakai battery sobat sampai habis. Begitu ada kesempatan, charge lah battery sobat sewaktu masih sisa 20-60%. Berbeda dengan tipe battery tipe nickel cadmium yang baik utk di fully discharged utk menghilangkan memory effect.
  3. Gunakanlah automatic charger, yaitu charger yang akan men-stop charging, ketika battery sobat sudah penuh. Lithium ion, sangat sensitive terhadap overcharging. Jika sobat tidak yakin apakah charger sobat memiliki automatic charging feature, cabutlah baterai sobat dari charger ketika baterai sobat sudah penuh. Jika sobat ingin memakai battery sebelum penuh, pakailah, ini juga akan memperpanjang hidup baterai. Lithium ion memang lebih baik untuk dicharge sedikit, di pakai sedikit.
  4. Karena modern baterai seperti lithium ion adalah smart battery yaitu baterai yang memiliki kemampuan untuk menunjukkan sisa waktu yg tersisa untuk pemakaian baterai sobat (contoh 2:45), lakukanlah full discharge sebulan sekali utk menjaga keakuratan daripada display smart battery sobat.
Nah itu adalah cara atau tips untuk memperpanjang umur baterai vape sobat, jika memang sudah saatnya ganti ya harus diganti ya sobat. Artikel ini saya kutip dari instagram @vapezooid.

Tidak ada komentar