Mengenal Bagian Komponen Vape

Mengenal Bagian Komponen Vape


Halo sobat vapers, diartikel sebelumnya kita sudah mengerti beberapa tentang Vape yang WAJIB VAPERS TAU!. Sekarang ini kita akan mengenal lebih dalam tentang Vape, khususnya pada komponen komponen keseluruhan agar bisa menghasilkan uap.

Pertama tama, Vape ada dua peruntukkan untuk nyedot-nya, yaitu DTL (Direct to Lung) dan MTL (Mouth to Lung). 




ILUSTRASI MTL DAN DTL | IMGSRC : ecigclick

Biasanya MTL itu devicenya pods, e-cig, vape pens. Sedangkan kalau DTL itu menggunakan mod, squonk.
Nah, kita akan bahas dulu komponen dari penggunaan DTL dulu ya, untuk MTL saya buat dilain pembahasan, bisa langsung menuju SINI.


Mod

1. Atomizer

ILUSTRASI RDA | IMGSRC :vapingscout

Atomizer juga ada lagi jenisnya, yaitu RDA (Rebuildable Dripping Atomizer), RTA (Rebuildable Tank Atomizer), RDTA(Rebuildable Dripping Tank Atomizer). 

RDA, atomizer ini tidak memiliki tank, sehingga kita harus meneteskan liquid saat kapas sudah terasa kering. Bagian bagiannya seperti gambar dibawah ini 

ILUSTRASI BAGIAN RDA | IMGSRC : vaping360

RTA, atomizer ini memiliki tank, jadi kita tinggal tuang liquid kedalam tank dan tidak perlu meneteskan liquid setiap kali kapas kering.
ILUSTRASI BAGIAN RTA | IMGSRC : vaping360

RDTA, atomizer ini memiliki fungsi hybird, yaitu vapers bebas memilih untuk meneteskan liquid kedalam tank atau langsung ke coil dan kapas. Biasanya tanknya berada dibawah seperti digambar.
ILUSTRASI BAGIAN RDTA | IMGSRC : vaping360

Atomizer juga mempunyai diameter loh, diameternya antara <14 sampai >40. Tetapi normalnya di menggunakan 22 dan 24. Driptip memiliki ukuran juga yaitu 510 dan 810, juga memiliki bahan yang berbeda beda, bahannya diantara lain plastik (delrin, teflon, ultem, resin), metal, glass, stone, wood, hybird.
Tips : sebelum membeli atomizer pastikan survey terlebih dahulu, karena posisi deck, airflow, tubenya akan mempengaruhi flavor. Disarankan langsung tanyakan kepada vaporista di vapestore.

2. Mod

ILUSTRASI REGULATED BOX MOD | IMGSRC : vaping360

Box mod seperti diatas adalah electrical dimana terdapat chip didalamnya, chip tersebut berfungsi sebagai pengaman, juga kita bisa merubah wattnya. Fitur di box mod yang terbaru biasanya sudah memiliki fitur seperti bisa mengubah watt, voltase, dan temperature control. Box mod yang memiliki Display Screen juga biasanya disebut dengan Regulated Box Mod. Jika sobat melihat charging port itu juga bisa untuk update firmware pada box mod sobat.


ILUSTRASI UNREGULATED BOX MOD HEXHOMH V3 | IMGSRC : ecigvaporstore

Selain Regulated Box Mod, ada juga Unregulated Box Mod, beberapa Unregulated Box Mod dibuat dengan terdapat chip didalamnya, namun chip tersebut biasanya hanya chip sebagai proteksi, tidak terdapat fitur fitur seperti yang ada pada Regulated Box Mod, untuk mengatur sesuai keinginan kita, hanya tersedia potensio yang bisa vapers sesuaikan. 

ILUSTRASI MECHANICAL MOD | IMGSRC : vaping360

Ada electrical mod, ada juga mechanical mod. Mechanical Mod tidak memiliki chip sama sekali, sistemnya hanya baterai langsung bertemu pin connector atomizer.

ILUSTRASI SQUONK MOD | IMGSRC : vaping360

Squon Mod sudah lumayan lama ada, namun beberapa tahun ini baru ngehits. Perbedaan yang mencolok pada Squonk Mod yaitu ada botol untuk squish liquid keatas. Ini bisa menjadi solusi males pakai RTA karena rasa kurang nampol? Pake saja RDA di Squonk Mod, pastikan RDAnya juga sudah support ya. Oiya, Squonk Mod juga bervariasi loh, ada yang Regulated, Unregulated, dan Mechanical.
Tips : Untuk sobat yang baru ingin memulai Vaping, sangat disarankan untuk membeli Regulated Mod, kenapa? Tentu saja karena adanya chip proteksi dan fitur fitur yang dapat mempermudah sobat.

 3. Baterai

ILUSTRASI BATERAI | IMGSRC : vaping360

Baterai juga komponen penting dalam Vaping, pemilihan baterai juga hal yang harus vapers perhatikan. Baterai juga banyak tipe dan jenisnya, berikut ini adalah yang bisa saya berikan : 
Battery Cell Size : 18650 (umumnya), 20700, 21700, 26650.
Battery Capacity : 650mAh - >4000mAh.
Battery Brand     : LG, Samsung, Sony, AWT, dll.

Untuk rekomendasi baterai bisa sobat cari digoogle terlebih dahulu / menunggu update dari saya, karena pembahasannya harus sangat detail demi menghindari kesalahpahaman vapers.
Tips agar baterai tetap awet dan tetap aman : 
  1. Mencopot dan memasang baterai dengan perlahan, wrap di ujung ujung baterai biasanya yang sering mengelupas.
  2. Gunakan battery case.
  3. Jangan over-charging atau jangan ngecas baterai terlalu lama, misal ditinggal tidur sehingga saat baterai sudah penuh masih saja dalam pengisian.
  4. Gunakan charger yang bermerek dan berkualitas.
  5. Jangan gunakan baterai sampai benar benar habis, sebaiknya begitu menunjukkan tersisa satu bar (jika ada screen displaynya) langsung dicas saja.
  6. Hindari temperatur ekstrim.
  7. Gunakan baterai yang sama.
  8. Ganti baterai jika sudah tidak layak pakai, misalnya baterai dicas mulai cepat penuh daripada biasanya.
  9. Perhitungkan dengan coiling sobat dan watt pada device, jangan biarkan baterai sobat bekerja terlalu keras.
Ingat : Baterai adalah salah satu hal penting dalam Vaping, gantilah baterai jika dirasa sudah perlu, untuk mengurangi persentase hal hal yang tidak diinginkan.

4. Cas Baterai 

ILUSTRASI CAS BATERAI | IMGSRC : vaping360

Sudah saya colek diatas tadi tentang charger battery, sudah banyak cas baterai yang beredar dipasar, beberapa fitur yang penting untuk pengecasan baterai Vape, tapi kurang untuk pengecasan yang aman. Fiturnya diantara lain : 

  1. Reverse Polarity : Tidak akan mengecas kalau pemasangan kutub baterai tidak sesuai.
  2. Over-charge Protection : Mengurangi stres baterai dan menghindari over-charge.
  3. Li-ion capability : Kapabilitas untuk pengecasan tipe baterai Li-ion yang digunakan dalam Vaping
Pengecasan baterai itu sebenernya simpel, ini beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
Harus : 
  1. Copot baterai saat selesai pengecasan
  2. Pasang kutub negatif terlebih dahulu
  3. Cas dulu baterai baru sebelum dipakai
  4. Pastikan cas baterai sobat sesuai dengan chemistry battery sobat
  5. Gunakan kabel dan steker yang sudah sepaket dengan chargernya
Tidak boleh :
  1. Meninggalkan baterai dicas dan tidak tau kalau baterai sudah penuh
  2. Memaksa pemasangan namun ukuran baterai yang tidak cocok
  3. Menggunakan cas yang tidak sesuai dengan chemistry battery
  4. Memodifikasi cas sendiri tanpa pengetahuan yang cukup
  5. Mengecas menggunakan kabel USB pada device
  6. Mengecas baterai dengan wrap yang sudah rusak
Rekomendasi cas baterai (nomor urutan tidak mempengaruhi) : 
  1. Nitecore Q4
  2. Efest Luc V2
  3. Nitecore UM10
  4. Nitecore D4
  5. Nitecore SC2
Tips : Dalam membeli charger gunakan budget dengan bijak, tidak harus yang "wah" tetapi mampu dan layak untuk pengecasan baterai Vape sobat.

5. Liquid 

ILUSTRASI LIQUID | IMGSRC : vape360

Untuk bisa Vaping, kita tentunya membutuhkan liquid. Liquid untuk Vaping saat ini sudah buanyak sekali beredar dipasaran, rasanya juga bervariasi. Dalam liquid mengandung PG (Propylene Glycol), VG (Vegetable Glycerin), Perasa dan biasanya Nikotin. PG dan VG persentase umumnya 70:30 dan 60:40, dan juga bahannya adalah bahan food grade yang dimana aman untuk dikonsumsi untuk Vaping. Untuk umumnya free base liquid adalah 3MG dan 6MG, dan range liquid free base yang umum dijual 0-12MG. Kemasan liquid terdapat 2 tipe, yaitu botol plastik dan botol kaca, konon katanya botol kaca bisa menjaga rasa liquid tetap utuh untuk jangka waktu yang lebih lama. Dalam kata liquid juga kadang mendengar "Throat Hit" atau TH yaitu rasa nyelekit ditenggorokan yang disebabkan oleh nikotin. TH juga ada 3 levelnya, yaitu soft, medium, dan hard. Vapers juga harus tau peracik liquid juga disebut Brewer.
Tips : Cari vapestore yang menyediakan banyak tester liquid, agar sobat tidak salah beli, pastikan juga sobat memilih Nikotin yang pas, karena nikotin terlalu tinggi membuat sobat cepat pusing.

 6. Coil

ILUSTRASI COIL | IMGSRC : ebay

Coil adalah salah satu sarana penghasil uap dalam Vaping, disinilah salah satu penentu flavor yang dihasilkan, vapers bisa bereksperimen disini. Untuk mencari settingan terbaik memerlukan waktu, jadi kalo vapers sampai saat ini belum menemukan settingan terbaik, semangat! Coil satuannya adalah Ohm. Berikut ini adalah hal hal yang harus sobat ketahui, antara lain : 
Wire Gauge
ILUSTRASI WIRE GAUGES | IMGSRC : vapingdaily

Bisa dilihat dari gambar ilustrasi diatas bahwa semakin lebar gaugenya atau semakin kecil ga (seperti sebutan satuan) dan semakin kecil gaugenya semakin besar resistansi dan semakin lama pula coil akan memanas.

Tipe Kawat Vape
Pada umumnya jenis kawat menggunakan kawat NiChrome (Ni80), Kanthal (FeCrAl), Nikel (Ni200), Stainless Steel (SS), dan Titanium (Ti). Nah untuk kawal kawat biasa menggunakan Kanthal.

Kawat Yang Bagus Untuk Mode TC Atau Watt Apa?
Well, untuk bagus dikeduanya kawat Stainless Steel (SS) lah yang terbaik, namun untuk kawat lain bagaimana? Masing masing kawat sudah ada peruntukannya, untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini
KAWAT SESUAI MODE | IMGSRC : vapingdaily


Nah, harusnya sudah jelas kawat mana yang cocok untuk mode TC / W. Berwarna HIJAU berarti cocok, sedangkan ABU ABU berarti kurang cocok.

Untuk lebih detailnya lagi, dan poin poin yang bisa diambil, daripada vapers baca buanyak banget tulisan, belum tentu dibaca dan belum tentu paham, maka saya akan berikan
PLUS SETIAP KAWAT | IMGSRC : vapingdaily

Populer di Indonesia
Indonesia beberapa tahun ini mulai ramai dengan prebuilt coil, terbukti dengan bertambah banyak merk merk dari prebuilt coil. Prebuilt ini biasanya menggunakan kawat Ni80 atau Khantal.

Diameter 
Diameter kawat bervariasi, ukuran umumnya 1,5mm sampai 3,5mm. Diameter ini juga mempengaruhi resistansi, flavor, dan kecepatan rambat panasnya.

7. Kapas

COTTON BACON | IMGSRC : elementvape

Kapas saat ini masih menjadi bahan wicking utama dikalangan Vapers, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Beberapa orang sudah mencoba menggunakan bahan lain seperti hemp, rayon, mesh, dan silika. Namun tetap saja kapas masih saja menjadi bahan terbaik untuk wicking. Kapas Vape sejatinya adalah kapas yang tidak diolah, dengan kata lain organik, dengan ini membuat kapas Vape memiliki daya serap yang baik.

Lalu Apakah Pemilihan Kapas Itu Penting?

Mungkin dari sebagian vapers berpikiran "kapas kok mahal mahal, fungsinya juga sama kok". Ya seperti itulah kata mereka, maaf bukan bermaksud menyinggung, tapi vapers baru biasanya mulai dengan kapas yang biasa terlebih dahulu. It's okay, pelan pelan upgrade dan rasakan sensasinya. Terus kelebihan dari kapas yang bagus apa? Kelebihannya : 
  1. Daya serap lebih bagus
  2. Bau kapas tidak terlalu mencolok
  3. Fresh Wick atau kapas yang masih baru saja kita pasang pada coil tidak terasa saat difiring pada pertama tama.
  4. Tidak mudah terbakar
  5. Tidak mudah putus jika sering Dry Hit, Dry Hit adalah kondisi saat difiring dan kapas sudah kering

8. Aksesoris dan Tools

Dalam Vaping tentu ada aksesoris yang bisa kita gunakan, tentu sesuai fungsinya yaitu untuk memperindah tampilan daripada komponen vape kita vapers.

Ohm dan Voltase Meter
COIL MASTER DIGITAL OHM & VOLTAGE METER | IMGSRC :coil-master

Fungsi dari Ohm dan Voltase Meter adalah mengetahui resistansi dan voltase dari atomizer yang terdapat coil. 

Vape Toolkit
VAPE TOOLKIT DARI GEEK VAPE | IMGSRC : elementvape

Dari gambar diatas bisa dilihat toolkit basic yang sepertinya wajib dimiliki oleh vapers. Tools tersebut memiliki peranannya masing masing, mulai dari memotong kawat, memotong kapas, melepas baut +/-, merapikan coil, membuat coil.

Untuk Baterai
Aksesoris untuk baterai antara lain adalah case battery dan wrap. Case battery berfungsi untuk meletakkan baterai didalamnya agar baterai tertutup dengan aman. Jika wrap, biasanya vapers bosan atau memang sudah rusak untuk wrap baterai, maka dari itu beli dan bukan yang polos.

Untuk Atomizer
Atomizer memiliki beberapa bagian, seperti yang sudah dijabarkan diatas. Nah, aksesoris untuk atomizer ini antara lain driptip, tank, bottle squonk, ring pelindung tank, bahkan beberapa ada untuk tubenya.

Untuk Mod
Nah untuk mod biasanya diganti skin-nya. Ada juga yang menjual sekalian cover baterai jika box mod. Untuk mengganti skin mod, pastikan sobat benar benar mengetahui produk yang akan sobat pasang pada mod vapers, karena jika jelek maka akan mengurangi nilai 'wah' dari mod vapers. Lalu ada juga silikon untuk melindungi daripada body mod vapers.

Mungkin segini dulu, jika nanti ada tambahan akan saya update. Jika vapers memiliki tambahan atau ingin berdiskusi silakan komentar dibawah.

STAY VAPING AND STAY HEALTHY

Tidak ada komentar